hai shanghai

tempat sampah pun dari keramik

September kemarin saya bareng mama dan tante liburan ke Shanghai dan sekitarnya. Karena gak kepengen ribet, kami beli voucher city tour yang include hotel dan makan. Sebelum berangkat, kami udah cari info soal cuaca. Katanya sih panas, jadi kami ke sana cuman bawa kaos tipis biar gak gerah. Tapi begitu tiba di bandara Shanghai, kami langsung disambut angin kenceng yang dinginnya lumayan menusuk tulang. Ternyata kedatangan kami persis di buntutnya musim panas, namun di awal musim gugur. Nyesel deh gak bawa coat dan syal.

Sampai di hotel, kami bergegas mandi trus keluar cuci mata. Kami jalan kaki nyari tempat belanja (maklum perempuan hehe). Tempat pertama yang kami sambangi adalah People Square, lalu ke Nanjing Road. Hati-hati kalau belanja di sini! Kita harus pinter nawar senawar-nawarnya. Kalau gak niat beli, mending jangan nanya atau pegang barangnya, karena pramuniaganya kurang ramah. Dan kalau bicara juga harus hati-hati, karna beberapa pramuniaga ngerti bahasa Melayu (ternyata imigran dari Malaysia).

Selain belanja, kami juga berkunjung ke Museum Shanghai untuk menikmati koleksi benda kuno seperti stempel kerajaan, koin, keramik, furniture kayu dll. Malam harinya kami pergi nonton Era Show. Show akrobatik yang bener-bener spektakuler, gak bakal terlupakan dan bikin jantung mau copoottt. Bener-bener mau copot! Apalagi waktu adegan tujuh sepeda motor ngebut dalam satu sangkar (sayang gak boleh difoto dan difilm). Setelah puas nonton Era Show, kami pergi foto-foto di The Bund dan Oriental Pearl Tower.

celana praktisdemo unik ala orang Shanghaiakrobat show yg bikin jantung mau copot

Banyak pemandangan unik yang bisa dilihat di Shanghai. Contohnya nih, banyak orang jalan-jalan pakai piyama sambil gendong anjing kayak gendong bayi gitu. Ada juga beberapa nenek bawa cucunya jalan-jalan dengan celana sobek di bagian belakang. Katanya sih biar praktis kalau mau buang air. Di Shanghai kami juga lihat manula berdemo, karena tanah mereka dijadikan lahan parkir. Cara mereka demo unik banget. Mereka letakkan beberapa pispot dan duduk berjejer nutupi akses masuk tempat parkir sambil pukul-pukul kaleng dan ember.  Makanan di Shanghai juga gak kalah unik. Kami nyobain bakpao yang disedot, biji nangka rebus dan tahu busuk (tapi enak!).

bakpao dengan sedotan

Kota kedua yang kami datangi adalah Hangzhao. Kota ini terkenal akan keindahan danau Xihu, legenda ular putih (yang dulu filmnya sempet booming di Indonesia) dan juga teh hijau yang konon bisa bikin awet muda dan sehat. Memang kalau kami perhatiin, orang-orang sini jarang banget minum air putih. Kemana-mana mereka selalu bawa botol kaca isi teh hijau. Bahkan setelah makan pun selalu minum teh hijau. Karena jarang minum air putih, bisa kebayang gak sih betapa baunya toilet umum di sini hehehe. pemandangan di danau xihu

Selanjutnya, kami pindah ke kota Nanjing. Tiba di Nanjing kami langsung diajak naik ke atas jembatan legendaris untuk menikmati keindahan sungai Yangtze. Lalu kami pergi ke museum giok dan berkunjung ke tempat persemayaman Dr.Sun Yat Sen yang sangat besar dan elok di atas bukit.

pemandangan di sun yat sen mausoleum

Setelah itu kami ke Suzhou. Di Suzhou kami ngeliat kepompong ulat sutera dan cara produksi kain sutera. Sorenya kami naik perahu kayu menikmati matahari terbenam sambil ditemani petikan gitar dan alunan suara gadis Suzhou yang terkenal sangat halus. ulat sutera

Kota terakhir yang kami sambangi adalah Wuxi. Di Wuxi kami pergi ke tempat budidaya mutiara dari danau Taihu, lalu ke Wuxi Garden Area -yang dulunya adalah istana raja dan ke bukit ngelihat patung Budha supertinggi dan telapak tangan Budha yang supergede. Konon katanya kalau kita pegang tangan tersebut, keinginan kita bisa terwujud. Buddha Hand yg konon bisa mengabulkan keinginan kita
Malamnya lidah kami dimanja dengan

sajian berselera khas Wuxi, yaitu salad naga dan iga sapi. Hmmm liburan kali ini bikin mata dan perut kami bener-bener kenyang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s