Hillary Clinton Inspirasi Wanita

Indonesia baru saja kedatangan tamu special dari Amerika Serikat “Mrs.Hillary Clinton”. Dulunya wanita ini adalah first lady USA. Siapa yang ga kenal suaminya coba? Bill Clinton –dua kali menjabat sebagai presiden Amerika Serikat dan pernah kesandung skandal seks dengan Monica Lewinsky hingga jadi bulan2an media di seantero dunia. Waktu skandal terungkap, Hillary menanggapinya dengan tenang dan tetap bersahaja, meskipun Ia mengaku bahwa Ia cukup shock. Melihat ketegaran beliau, publik pun jadi bersimpati padanya. hillary

Hillary yang bernama asli Hillary Diane Rodham, lahir di Chicago Illinois pada tanggal 26 Oktober 1947. Menikah secara Metodist dengan Bill pada tanggal 11 Oktober 1975, kemudian dikaruniai seorang anak perempuan yang bernama Chelsea Clinton. Dahulu Hillary menempuh pendidikan di Wellesley College dan Yale Law School. Awalnya Ia sempat menempuh profesi sebagai seorang pengacara handal, hingga akhirnya terjun ke politik dan jadi senator junior. Hillary sejak muda tidak setuju pada segala bentuk rasisme yang terjadi di Amerika. Ia seringkali terlibat dalam demonstrasi yang menuntut adanya kesetaraan ras dan gender di Amerika. Bahkan Hillary muda sempat bertemu dengan Martin Luther King Jr (tokoh gerakan non kekerasan yang memperjuangkan hak-hak sipil dan menolak diskriminasi rasial).

Awalnya Hillary adalah seorang Republican, namun kemudian Ia hengkang ke Demokrat, karna Ia menilai adanya unsur rasis dalam kubu Republik. Kemudian mulailah ia berkelana di tubuh Demokrat. Tahun 1992 Ia membantu sang suami bergerak maju menjadi Presiden AS. Kemudian pada tahun 2008 Ia sendiri yang maju mencalonkan diri menjadi Capres dari kubu Demokrat, melawan rivalnya Barack Obama. Persaingan sangat sengit saat itu. Ada yang mensupport Hillary, namun tak sedikit juga yang mengejek dirinya. Aku waktu itu juga sering ngikuti pemberitaan di CNN. Aku pernah lihat para lelaki berkampanye membawa papan-papan bertuliskan “Hillary, setrika saja bajuku! Kau kan perempuan!”… hmmm benar-benar melecehkan kaum wanita ya? clinton-obama-tradeing-jabs

Hillary yang selalu tersenyum pun jadi bulan-bulanan orang yang kontra pada dirinya. Sehingga seringkali senyumnya jadi bahan ejekan, tapi Hillary bergeming, Ia terus maju meskipun pada akhirnya Ia dikalahkan juga oleh Obama. Tapi Hillary tidak seperti wanita kalah pada umumnya (yang nangis,iri hati,dengki,nuduh Obama pake ijazah palsu,nuduh KPU salah hitung kertas suara,dll hehe). Hillary menerima kekalahannya dengan lapang dada. Bahkan meski kalah, Hillary maju mendukung Obama melawan Capres John Mc Cain dari Republik.

Akhirnya dukungan Hillary pada Obama tidaklah sia-sia, karena kini Obama telah berhasil menjadi Presiden AS yang ke 44. Obama pun menunjuk Hillary sebagai Menteri Luar Negeri AS dalam kabinetnya. Tentu penunjukkan ini bukanlah tanpa sebab, tak ada yang meragukan kemampuan diplomasi Hillary.

Hillary menjadi Menlu AS pertama yang menabrak tradisi. Pada umumnya Menlu AS melakukan kunjungan perdana mereka ke negara Eropa dan Timur Tengah (karena ada oil interest), namun Hillary malah memilih untuk berkunjung ke negara Asia dan Indonesia menerima kehormatan sebagai negara Asia kedua yang Hillary kunjungi (setelah Jepang). Hillary menyatakan bahwa AS akan berhenti mendikte negara lain dan AS akan melakukan pendekatan “people to people” dan “people smart”.

Kedatangan Hillary ke Indonesia disambut baik oleh pemerintah RI dan beberapa warga (seperti diriku hehehe), namun tak sedikit juga yang berdemo menolak kedatangan beliau. Selama dua hari di Indonesia, jadwal Hillary benar-benar padat. Sejak Ia tiba, Ia langsung diagendakan bertemu dengan Menlu RI –Hassan Wirajuda, lalu melakukan konferensi Pers. Malamnya dinner bareng Kedubes AS untuk Indonesia, beberapa anggota dewan (terutama dari komisi I), beberapa LSM, dll di Gedung Kearsipan RI. Nah, saat dinner, Hillary sempat berpidato dan ditayangkan secara LIVE di MetroTV. Aku ngikuti pidato beliau dan terharu. Hillary bilang “dalam demokrasi ada yg kalah, ada yg menang. Kalau kalah, jangan marah ya! Saya senang melihat banyak wanita Indonesia yang bisa memiliki kedudukan yang sama dengan para pria!”

Hillary benar-benar wanita yang menginspirasi, 10 jempol deh untuk beliau! Selain urusan kenegaraan dan diplomatik, Hillary juga menyempatkan diri berkunjung ke kakus umum dan jadi bintang tamu trio Dahsyat -Luna Maya, Raffi Ahmad dan Olga Saputra di RCTI hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s