K A R M A

“Dosa adalah harga diri, harus dibayar dengan balas dendam”.

falllu4

Ucapan ini adalah buah dari pikiran dangkal!! Aku rasa balas dendam itu ga ada gunanya. Bila kita disakiti orang, lalu kita balas menyakiti orang itu, kemudian orang itu balas lagi menyakiti kita, lalu kita balas lagi… Duh kapan selesainya donk? Jadinya kayak lingkaran setan.

Apa kalian percaya karma?

Kalo saya pribadi sih percaya. Aku pernah nonton film Andy Lau yang berjudul “running on karma”.. Ini bagus banget.

Ceritanya Andy Lau adalah seorang biksu yang bisa melihat karma seseorang. Suatu hari saudaranya dibunuh oleh orang gila, lalu orang gila itu kabur masuk ke dalam hutan. Andy Lau marah sekali mengetahui saudaranya dibunuh, Andy Lau merasa sangat dendam, lalu Ia meluapkan kemarahannya dengan mencabik daun di pohon dengan pedang. Tiba-tiba ada seekor burung kecil tak berdosa yang kena cabik, burung itu pun mati. Mendadak Andy Lau termangu, dia sangat menyesali perbuatannya. Ia tahu bahwa dia di kehidupan selanjutnya pasti akan seperti burung itu, Ia akan mati dengan cara dicabik-cabik.

Lalu Andy Lau yang despret memutuskan untuk melepas jubah biksunya dan pergi berkelana ke Hongkong. Suatu hari Ia bertemu dengan polisi cantik yang diperankan oleh Cecilia Cheung. Andy Lau melihat karma Cecilia. Di kehidupan lalu, Cecilia adalah seorang tentara Jepang kejam yang gemar memenggal kepala orang. Maka nantinya Cecilia juga akan mati dengan kepala terpenggal. Andy Lau merasa bahwa hidup ini tidak adil. Cecilia di kehidupan sekarang adalah gadis manis yang baik hati, kenapa harus menanggung perbuatan Tentara Jepang dari kehidupan sebelumnya. Andy Lau terus menerus mengutuk Tuhan.

Cerita terus bergulir, Andy Lau makin akrab dengan Cecilia. Sampai suatu hari Cecilia benar-benar mati, kepalanya dipenggal dan ditaruh di pohon. Yang membunuh Cecilia adalah orang gila yang juga membunuh saudara Andy Lau.

Andy Lau makin dendam sama orang gila itu. Andy Lau pergi ke hutan, selama empat tahun Ia terus menerus mencari orang itu. Sampai suatu hari akhirnya dia menemukan apa yang Ia cari. Kemudian saat Andy Lau hampir membunuh itu orang, tiba-tiba Andy Lau KAGET BANGET.

Wajah orang gila itu sama dengan wajahnya. Loh kok bisa?

Karena orang gila itu adalah dendam yang ada di dalam hati Andy Lau. Bila dendam terus melekat, maka hidup tak akan pernah bahagia. Andy Lau juga tersadar, bila Ia membunuh orang gila itu, maka di kehidupan mendatang, Andy Lau juga akan dibunuh dengan cara yang sama.

Pesan moral di sini adalah, meskipun kita yang sekarang harus mengalami karma dari perbuatan kita di kehidupan yang lalu, kita tidak perlu risau. Yang perlu kita lakukan adalah jalanilah kehidupan kita sekarang ini dengan banyak berbuat kebaikan dan kebajikan. Agar di kehidupan mendatang, kita bisa mendapatkan karma baik.

Akhir dari cerita, Andy Lau tidak jadi membunuh orang gila itu. Andy Lau memaafkannya.

One thought on “K A R M A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s