Mengapa Linux?

Berikut aku kutip dari artikel yang dibagikan pas pameran KomputExpo 2007 (12-16 Desember 2007) di AJBS Surabaya.

Seringkali pengguna komputer bertanya ”mengapa harus pindah ke OS (sistem operasi) Linux?” dan menyangsikan kemampuan Linux untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal ada beberapa alasan mengapa Linux harus dilirik:

  1. Linux itu bebas. Ada empat kebebasan yang tercantum dalam free software yaitu kebebasan menjalankan program untuk tujuan apapun, kebebasan mempelajari bagaimana program tersebut berjalan dan mengadaptasinya untuk kebutuhan, kebebasan mendistribusikan salinan kembali untuk membantu sesama, dan kebebasan memperbaiki program dan merilis perbaikan tersebut ke publik.
  2. Office Suite berstandar internasional. OpenOffice.org yang merupakan Office Suite di Linux memiliki standar ISO 26300 untuk Open Document Format (ODF). Format ini menjadi salah satu format yang didukung oleh OASIS (Organization for the Advancement of Structure Information Standard). Selain itu Anda masih dapat membuka berbagai format dokumen di Linux
  3. Support & Update tersedia bebas di Internet. Terdapat lebih dari 20.000 program yang dapat Anda download dari internet secara bebas. Selain itu Anda dapat menemukan berbagai tutorial & troubleshooting untuk mengatasi pekerjaan sehari-hari.
  4. Total Cost Ownership lebih murah. Dengan adanya GPL, maka Anda perlu tidak perlu membayar lisensi sehingga menghemat biaya pengeluaran atas kepemilikan, dan Linux tersedia dalam satu paket sistem operasi tanpa perlu menginstal software tambahan (Office Suite, multimedia, internet, dsb).
  5. Tidak melanggar HaKI dan Fatwa MUI. Linux menggunakan lisensi GPL (GNU Public License) yang berstandar internasional, sehingga Anda tidak perlu kuatir dituduh sebagai pembajak perangkat lunak.

Further Information:

Sekretariat KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo)

Hi-Tech Mall Ruang Workshop Lantai 1 Blok B-66

Jl. Kusuma Bangsa Surabaya

www.linux.or.id

One thought on “Mengapa Linux?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s