“Build”

Misi dan ketidakpastian yang dihadapi unit bisnis dapat mempengaruhi desain sistem pengendalian manajemen, karena:
• Misi dari unit bisnis mempengaruhi ketidakpastian yang biasa manajer hadapi dan trade-off jangka pendek versus jangka panjang yang mereka buat.
• Sistem pengendalian manajemen dapat secara sistematis berubah-berubah untuk membantu memotivasi manajer untuk secara efektif mengatasi ketidakpastian dan membuat trade-off jangka pendek dan jangka panjang tepat.
• Misi berbeda seringkali membutuhkan sistem pengendalian manajemen yang berbeda secara sistematis.
• Biasanya strategi ”build” dijalankan pada masa pertumbuhan, sedangkan strategi ”harvest” dijalankan pada masa mature. Beberapa faktor seperti proses manufakturing, teknologi produk, permintaan pasar, hubungan dengan pemasok, pembeli dan saluran distribusi, jumlah pesaing dan struktrur persaingan berubah lebih cepat dan tidak terprediksi pada masa pertumbuhan daripada masa mature.
• Sasaran unit bisnis ”build” adalah menambah market share. Strategi ”build” meletakkan unit bisnis pada konflik terbesar dengan pesaingnya. Aksi pesaing lebih tidak terprediksi dan ini memberi kontribusi ketidakpastian yang akan dihadapi oleh unit bisnis ”build”.
• Baik pada sisi input maupun sisi output, manajer ”build” cenderung memberikan pengalaman yang lebih besar daripada ketergantungan individual eksternal dan organisasi daripada yang diterima manajer ”harvest”. Semakin besar ketergantungan eksternal yang dihadapi unit bisnis, semakin besar ketidakpastian yang dihadapi.
• Sejak unit bisnis ”build” sering digunakan di industri baru dan berkembang, manajer ”build” mungkin mendapatkan pengalaman lebih sedikit dalam industri mereka. Hal ini juga mempengaruhi pada ketidakpastian terbesar yang dihadapi manajer unit ”build” dalam perjanjian dengan pihak luar.

Selama menyusun proses perencanaan strategi, beberapa desain yang dikeluarkan perlu untuk dipertimbangkan. Respon unit bisnis terhadap isu ini, cenderung untuk bergantung pada misi yang hendak dicapai. Ketika lingkungan tidak pasti, proses perencanaan strategi sangat penting. Manajemen perlu untuk mempertimbangkan bagaimana untuk mengatasi ketidakpastian dengan cara membuat perencanaan ke depan daripada membuat anggaran tahunan. Jika lingkungan stabil, mungkin tidak perlu proses perencanaan strategis sama sekali atau hanya perlu rencana strategi broad-brush. Dengan demikian proses perencanaan strategis kritikal dan lebih penting untuk unit bisnis build daripada harvest. Meskipun begitu, beberapa strategi perencanaan unit bisnis harvest mungkin penting karena rencana strategi keseluruhan perusahaan harus mencakup seluruh bisnisnya untuk keseimbangan cash flow yang efektif.

Perhitungan untuk membandingkan hasil aktual dengan budget disebut analisa varian yang menghasilkan favorable dan unfavorable. Varian favorable biasanya tidak mempengaruhi performa favorable dan sebaliknya. Kaitan antara varian favorable dan unfavorable pada satu sisi dan performa favorable atau unfavorable pada sisi lain bergantung pada konteks strategi dari unit bisnis yang sedang dinilai. Isu yang berhubungan adalah seberapa banyak kepentingan harus dikaitkan untuk menyatukan budget ketika menilai performa manajer unit bisnis. Semakin besar ketidakpastian, semakin sulit untuk mencapai budget di bawah target yang merupakan komitmen perusahaan dan untuk mempertimbangkan varian budget unfavorable sebagai indikator yang jelas terhadap performa yang buruk.

Misi dari unit bisnis mempengaruhi keputusan dalam mendesain sistem insentif dan kompensasi. Banyak perusahaan menyebutkan bahwa semakin beresiko strategi semakin besar proporsi kompensasi yang diterima oleh general manager. Dengan demikian manajer ”build” lebih mungkin menerima bonus insentif daripada manajer ”harvest” karena lebih beresiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s