Manajer dan Leader sama ngga sih?

Menurut opiniku, leadership dan manajemen jelas berbeda. Seorang manajer belum tentu dapat menjadi leader. Seorang leader yang baik memiliki karakteristik inovasi, original, pengembang, dll. Ia fokus pada orang-orangnya (team), menginspirasikan kepercayaan, mempunyai pandangan luas dan leadership adalah soal menghadapi perubahan.

Dengan karakteristik yang tersirat dari seorang leader, maka Ia akan dapat mempengaruhi pikiran dan tindakan dari orang lain. Ia dapat membawa orang-orangnya tersebut menuju perubahan yang mungkin sekarang dianggap “ANEH”, namun kedepannya malah menjadi istimewa alias inovatif.

Manajemen adalah menghadapi kompleksitas. Hal-hal praktis dan prosedur menjadi perhatiannya. Manajer seringkali menggunakan taktik negosiasi dan tawar-menawar dengan bawahannya. Kadangkala manajer menggunakan reward, punishment dan bentuk lain dalam mempengaruhi performa bawahannya.

Berbeda dengan seorang leader. Leader berusaha masuk ke pribadi bawahannya. Leader berusaha membaur dan meluruskan mereka. Seorang leader berusaha melihat suatu hal dari kacamata/sudut pandang orang lain. Ia juga berusaha membangun talenta orang lain, membangun kepercayaan team, membuat idenya bisa diterima.

Hal ini sangat kontras dengan manajer karena manajer selalu/seringkali mengatur orang lain untuk mencapai tujuan yang telah manajer buat sebelumnya.

Referensi Asik Buat dibaca:

  • Managers and Leaders: Are They Different? (Abraham Zaleznik)
  • What Leaders Really Do (John P. Kotter)
  • What Makes a Leader? (Daniel Goleman)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s