Menyantap Lezat Surabaya

Kalo ngomongi soal wisata kuliner di Surabaya mah ga ada matinya. Dari ujung ke ujung, Surabaya bertebaran rumah makan, dari yang rombong-rombong derita sampe resto-resto mahal bintang tujuh. Ada WTT (warung templek tembok) di Ngagel –favoritnya anak kos-kosan neh.. soale harganya bersahabat banget. 5000 bisa kenyang makan dan minum.

Adapula nasi udang Bu Rudy yang sambalnya mantap. Rumah makan Bu Rudy ini ga kalah sama Planet Hollywood deh, karena di rumah makan Bu Rudy juga bertebaran foto-foto artis yang pernah bertandang ke sana. Lalu ada bakso Pak Kus yang meskipun harganya di atas rata-rata, tapi ga masalah karena setimpal dengan rasanya yg yahud. Ada juga bakso kepala sapi di daerah Klampis yg warungnya ga pernah sepi. Trus di depan kepala sapi ada warung kecil jualan sate ayam yg aduhai.

Kalo mau makan di tempat yg agak jauh neh. Cobain deh sop konro di Perak sono. Memang sih ini bukan makanan khas Suroboyo (alias dari Makasar). Tapi rasanya maknyos!!! Porsinya raksasa pula. Ngomong2 soal Makasar, di depan hotel Weta di Genteng sono ada coto Makasar Daeng Kule yg kesohor hoho.. Siap2 nambah dua porsi besar deh kalo ke sana.

Untuk urusan pecel, pecel di dekat Plaza Surabaya (Delta) dan WTC itu ga ada duanya. Kemudian kwetiau yg bikin aku kepelet ada di Kedungdoro.. Namanya kwetiau Apeng. Dan ternyata bukan cuman aku yg kepelet. Karena banyak orang lainnya yg rela antri hanya demi mencicipi kwetiau goreng, kwetiau siram dan mie kriting ala Apeng ini.

Lalu ada juga neh info buat penggila seafood. Cobain ke depot Ayen di HR. Muhamad. Beh…hanya dengan Rp 40.000,- kamu bisa menikmati sepiring besar kepiting-cumi-udang bertabur kecambah yg sangat lezat. Depot Ayen juga menyediakan kol nenek yg pedes2 mengigit

Hmmm bagi para pengemar steak. Kalian kudu cobain steaknya BonCafe. Ada t-bone, sirloin steak, baby spring chicken dll. Walaupun banyak resto steak di Surabaya yg ngetop2, tapi hanya BonCafe-lah yg paling sesuai harga dengan rasa daging aslinya (menurut lidahku loh). BonCafe juga punya sodara namanya BonAmi. BonAmi yg terletak di jalan Dr.Soetomo itu tempatnya cozy dan makanannya uenak terutama nasi goreng pete ikan asin dan rawon.

Ngomong2 soal rawon neh. Ada rawon setan di jalan Embong Malang yg setiap malam selalu dijubeli beribu-ribu orang (berlebihan ga sih?) hehe. Adajuga rawon yg baru2 ini masuk tipi. Namanya rawon kalkulator. Nama asli warungnya adalah warung Sedap Malam. Berlokasi di taman bungkul sebelah gedung Wonokoyo. Rasanya sih standar2 aja kayak rawon pada umumnya. Tapi ada satu kelebihan yg bikin ini rawon jadi terkenal. Setiap kita selesai makan dan hendak membayar. Pelayannya akan menghitung makanan yg kita santap dengan sangat cepat tanpa menggunakan alat bantu. Cepat banget.. aku aja sampe terkesima dibuatnya hehe.

Kalo ngomongi soal ayam, ayam goreng Pemuda tentu tidak bole dilupakan. Yg suka ayam penyet, monggo datang ke warung Ibu Kris di Manyar, Pencindilan, Prapen, dll. Lalu adapula temannya ayam, si bebek goreng Papin di Kalianyar dan Mulyosari. Aduh gila neh bebek enak banget bo!!! Kalo pengen makan ikan yg enak mah langsung aja ke Primarasa di Kertajaya atau di Kusuma Bangsa atau bisa juga ikan goreng Cianjur di Indragiri.

Yg suka soto ayam silakan langsung datang ke soto ayam Pak Sadi. Sedangkan yg suka soto daging, mampir aja ke soto gubeng pojok di kawasan Kusuma Bangsa. Yang lagi sakit dan pengen makan bubur, langsung ngacir ke bubur 55 di belakang Samsat Manyar.

Dan yg pengen kolesterol hehe makan aja gulai kambing di Jagalan depan sekolah Sasana Bakti. Yg suka rujak manis, rujak cingur dan kawan2 langsung aja ke Plaza Surabaya lantai 2. Kalo urusan kodok mah cuman Swikee Gris yg bertempat di ruko Mega Galaksi dan Jemur Sari-lah rajanya!

Aduh jadi laper deh…. Makan yuk yak yuk!

5 thoughts on “Menyantap Lezat Surabaya

  1. temen mau kasi tau nieh di daerah ngangel (surabaya)ada warung tenda menunya nasi bakar ijo (jagung manis, ayam kismis), nasi bakar pedo(ikan asin), dan ayam bakar kecap enak pool…
    nama nya warung mirza
    selogannya : “warung kaki lima rasa bintang lima”

    coabain aja rasanya menjanjikan deh…..

    alamatnya didekat swalayan bilka ngangel terus aja nanti ada bank NISP nah sebelumnya bank itu, atau disebelahnya masakan belut, warungnya tenda…

  2. thx buat infonya neh…ntar aku mampir sana deh.. biar serasa seleb makan di hotel bintang lima,,tapi dgn harga kaki lima… so nice… hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s