Amazing Baby Language

Kemaren aku terkesan banget sama topik “baby language” yang diangkat oleh “The Oprah Winfrey Show” dengan nara sumber Priscilla Dunstan, seorang ibu rumah tangga dari Australia.

Priscilla Dunstan mengklaim bahwa dirinya memiliki bakat special yang membantunya mendengar “second language” secara special, sehingga Ia bisa mendeteksi perasaan dan mendiagnosa penyakit.

Sejak Priscilla balita, orangtuanya menemukan bahwa Priscilla memiliki “photographic memory of sound”. Hal ini terlihat saat Priscilla berusia empat tahun, Ia dapat mendengar konser Mozart dari piano dan memainkannya kembali dari nada ke nada.

Bakat specialnya menjadi topik hangat, ketika Priscilla memiliki seorang bayi. Ia mengaku mendengar bayinya berbicara dengan “second language” yang misterius melalui tangisan. Priscilla mengatakan bahwa saat menangis, bayi-bayi mengucapkan kata yang sama. Menurut penelitian yang dilakukan Priscilla, terdapat lima kata yang diucapkan oleh bayi berusia 0-3 bulan, tidak perduli ras dan kultur yaitu:

Neh = “Aku lapar”

Owh = “Aku ngantuk”

Heh = “Aku ngerasa ga nyaman”

Eair = “I have lower gas”

Eh = “Aku butuh bersendawa”

Hal ini dibuktikan dengan cara melakukan tes pada 1000 bayi di seluruh dunia. Awalnya para bayi menangis histeris dan Priscilla merekomendasikan kepada orangtua untuk mendengar setiap kata dari tangisan bayi mereka masing-masing.

Ada bayi yang mengucapkan “Neh” lalu Ibunya memberi susu. Ada bayi yang mengucapkan “Eh”, lalu Ibunya menepuk-nepuk panggung sang bayi dan ada bayi yang mengucapkan “Heh”, kemudian Ibunya mencarikan posisi yang paling nyaman. Dan tanpa dinyana para bayi langsung berhenti menangis dan suasana menjadi sangat tenang.

Hmm… Aku rasa ini bisa menjadi masukan bagi para Ibu muda yang amat sangat terganggu dengan tangis si kecil di malam hari yang ga mau berhenti. Coba perhatikan baik-baik, kata-kata apa yang dilontarkan oleh bayi Anda, mungkin saja “Neh, Owh, Heh, Eair atau Eh”. Setelah tau kata-kata si kecil, segera lakukan apa yang si kecil mau, niscaya setelah itu Anda dapat tidur dengan nyenyak.

 

2 thoughts on “Amazing Baby Language

  1. Anak saya usia 2 bulan 1 minggu. Waktu usia s.d 2 minggu kalau lapar dia nangis “neh…neh…”,begitu di kasih ASI langsung klekep diem…Tapi setelah usia 2 minggu s.d sekarang kalau lapar tidak lagi “neh…neh…” tapi “engging…engging…engging…” begitu dikasih ASI langsung klekep diem…Kalau ngantuk banget tapi susah tidur dia nangis “owe…owe…”……terima kasih….

  2. Wow… bakat yg jarang dimiliki oleh seorang manusia.. Unique banget yach.. N satu hal lg yg menarik, bayi di dalam kandungan bisa mendengar suara2 yg berada di luar atau dgn kata lain dia bisa tau ibunya berbicara dgn siapa… Dan penelitian membuktikan bahwa seorang bayi lebih menyukai suara ibunya sewaktu dia di dalam kandungan dibandingkan ketika dia sudah lahir di bumi ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s