Tekad Pak Untung Melestarikan Cerita Rakyat

Bapak yang satu ini bernama Untung Subagya.. Beliau adalah Manajer PT Grasindo Jawa Timur dan juga my classmate di MM UWM ^_^

Beliau memiliki sosok kebapakan, baik hati dan sabar. Tapi di post kali ini, saya bukan mau mengangkat profil pribadi Beliau, tetapi lebih kepada proyek idealis yang sedang Beliau kerjakan di bawah bendera Grasindo.

Nowadays, Pak Untung lagi sibuk-sibuknya menggandeng para pengarang seperti Widodo Basuki, RM Yunani Prawiranegara, Sri Setyawati Brojo alias Trinil, Suparto Brata, Suharmono Kasiyun, Bonari Nabonenar, Djoko Prakoso dan Ismoe Rianto.

Ehm..Pasti deh kalian semua awam sama nama-nama tersebut. Jujur saja, saya juga ga pernah denger hehe. Tapi, ternyata semua nama itu adalah nama para pengarang kondang cerita rakyat berbahasa Jawa yang karya tulisannya sering muncul di majalah Jaya Baya dan sering banget mendapatkan penghargaan sebagai bukti prestasi mereka.

Lalu, kenapa Grasindo menggandeng mereka?

Itu karena, Grasindo sedang bertekad melestarikan cerita rakyat Jawa Timur yang di era digital ini semakin ditinggalkan oleh wong Jowo. Sayang banget kan kalo ga dilestarikan, ntar lama2 bisa musnah. Liat aja deh hari gene, anak-anak taunya cerita-cerita dari komik jepang or manga seperti sinchan, ksatria baja hitam, doraemon, sailor moon, conan dkk.. ada juga batman, spiderman, ghost rider dari komik marvel milik Amerika. Anak-anak Indonesia malah ga kenal sapa itu Gatot Kaca.. Gareng.. Petruk.. Nawang Wulan.. Timun Mas T_T maka dari itu Grasindo lagi getol-getolnya menerbitkan cerita rakyat Jawa Timur!!

Sampai saat ini, 120 judul buku cerita rakyat telah diterbitkan oleh Grasindo dalam bahasa Indonesia dan mendapat respon yang positif. Rencana ke depan, Desember 2007 Grasindo akan menerbitkan 60 judul cerita rakyat berbahasa Jawa untuk dijual umum dan disalurkan ke sekolah-sekolah sebagai bentuk sosialisasi. Selain itu, Grasindo juga akan menggelar lomba menulis cerita rakyat berbahasa Jawa dan melakukan ekspor ke manca negara.

Good Luck deh untuk Grasindo dan semoga proyeknya sukses dan mendapat tempat di hati para pembaca di seluruh Jawa Timur, Pulau Jawa, Indonesia dan seantero dunia. Saya pengen juga suatu saat nanti “Gatot Kaca The Movie” bisa diputar di bioskop-bioskop ternama. Amin!

12 thoughts on “Tekad Pak Untung Melestarikan Cerita Rakyat

  1. “Ehm..Pasti deh kalian semua awam sama nama-nama tersebut. Jujur saja, saya juga ga pernah denger hehe.”

    Maaf, saya kutip kalimat itu, untuk bertanya: Benarkah seorang Suparto Brata yang pernah masuk ke dalam daftar Five Thousand Person in The World (bukan in the Jatim, lho) bisa jadi sebegitu tidak dikenal di kampung sendiri? Puluhan buku Suparto Brata, berbahasa Indonesia dan Jawa sebagian besar diterbitkan oleh Penerbit Gramedia atau grup-nya. dan bahkan ia punya sarana yang terbilang canggih juga untuk mengenalkan diri: http://www.supartobrata.com

    kok masih asing di mata anak-anak Surabaya ya? Apa karena Pak Parto sudah tua? hehe.

  2. di kalangan mahasiswa umum dan anak smu yg saya temui memang asing dengan nama beliau. ada dua sebab. 1. kitanya sendiri (saya khususnya) yg kurang wawasan. 2. dan mungkin Pak Parto terkenal di kalangan tertentu (seniman, budayawan). setelah ini saya bakalan browsing ke web nya. thanx atas respon dan masukkannya..

  3. makanya, main ke toko buku, biar bisa ketemu sama buku2 pak parto semacam Gadis Tangsi n Raminem n apa lagi gt. Gak cm basa Jawa kok karya beliau..

  4. PAYAH!!! Tidak ada yang berbahasa Jawa! Itu berarti belum terlalu melestarikan tahu!!! Saya kan ingin belajar lebih banyak Bahasa Jawa. Tetapi di situs Internet sulit didapat!!!!!!!

  5. hmm, saya kurang setuju, karena apa yang saya inginkan belum dapat dipenuhi. Saya menginginkan adanya CERITA RAKYAT DALAM BAHASA JAWA. Kalau dalam BAHASA INDONESIA sih sudah banyak. Di toko buku juga banyak, internet wah juga banyak. Tapi kalau yang berbahasa JAWA, itu lebih sulit didapat. Oleh karena itu, saya usulkan agar CERITA RAKYAT DALAM BAHASA JAWA juga dilestarikan dong… Gimana ini!!!??? o_o”

  6. O, bgs deh klw gt ad xg mw nglestariin budaya. h03… Tp koq g ad y d toko2 buku?? Di internet jg sdkt……………………………………………………

  7. halo agnes……
    maaf saya bingung mau panggil mbak atau ibu……
    hehehehehhehe…..
    saya albert, mahasiswa its jurusan despro, dkv…..
    kbeyulan tugas trakir saya adalah merancang sebuah buku mengenai cerita rakyat jawa timur…..
    bila bersedia, saya mohon dengan sangat, karena saya butuh bantuan dari pak untung…..
    mungkin mbak/ibu agnes dapat memberikan saya contact person pak untung….
    terima kasih banyak…..
    bila berkenan dapat e-mail ke e-mail saya tentunya….
    hehehehehehehehehe…..
    terima kasih

Leave a Reply

