ERP

Dimulai pada akhir tahun 1980an dan awal tahun 1990an, diperkenalkan sistem software baru yang bernama enterprise resource planning (ERP). Sistem ERP diperkenalkan dengan target pasar industri yang memiliki organisasi bisnis yang luas dan kompleks. Menurut Wikipedia, ERP system adalah sistem informasi yg diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yg berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yg berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

ERP meliputi modul-modul yang mendukung area fungsi seperti planning, manufacturing, sales, marketing, distribution, accounting, financial, human resource management, project management, inventory management, service and maintenance, transportation dan e-business (Hosasain, Patrick dan Rashid, 2002 : 2-3). 

Contoh penerapan ERP?

Liat aja artikel di SWA No.10/XXIII/10-23 Mei 2007. Yang berjudul: ERP Tiga Raksa: Jadi Benchmark Perusahaan Lain.

Ceritanya neh, cakupan yg semakin besar dan akibat ketatnya persaingan di bisnis distribusi membuat manajemen PT Tiga Raksa Satria Tbk perlu dengan cepat mengkonsolidasikan bisnisnya dan mengambil berbagai keputusan dengan cepat dan akurat. Makanya Tiga Raksa merasa mereka perlu sistem pendukung yg memadai. Kemudian mulai tgl 1 Juli 2004, Tiga Raksa mulai mengimplementasikan aplikasi ERP yg berbasis SAP Business Suite System dan kemudian tahun 2005 ditambah dengan solusi Scylla System.

Costnya?

Proyek IT Tiga Raksa ini menghabiskan investasi awal 3,2 juta dollar US dan biaya maintain serta development sekitar Rp 20miliar/tahun (Ajubile banyaknya yah).

Benefitnya?

  • Tiga Raksa makin kokoh di tengah gempuran para pesaing utamanya (Such as PT Enseval Megatrading, PT Anugerah Pharmindo Lestari, PT Wicaksana Overseas, PT Indomarco dan PT Sinar Niaga Sejahtera).
  • Sistem Tiga Raksa menjadi terintegrasi, ERP yg diterapkan dapat menyelaraskan semua informasi secara cepat dan akurat.
  • Dgn ERP, sales Tiga Raksa tak perlu datang ke tiap mitra bisnis untuk mengambil order, sekarang semua serba online.
  • Memberikan kemudahan kepada pihak prinsipal dalam mengecek perkembangan produknya di pasar.
  • Menurunkan working capital hingga 50%.
  • Meningkatkan service level ke customer hingga 15%.
  • Meningkatkan produktivitas bagian gudang dan logsitik hingga 30%.

Selain itu, sebelum dan sesudah implementasi sistem, selalu dilakukan quality insurance oleh perusahaan dari Jerman. Lalu agar menyakinkan, sistem yg uda jadi itu diaudit oleh konsultan Ernst&Young agar memenuhi standar.

Gimana, bagus kan sistem IT yg diterapkan oleh Tiga Raksa? Makanya ga heran deh kalo Tiga Raksa meraih penghargaan Best IT System ranking 10 dari 25 besar dan Best IT Team 2007 dari SWA.

Penghargaan lainnya (Penghargaan secara kualitatif gitu hehe), kini Sistem IT Tiga Raksa sering dijadiin benchmark oleh berbagai perusahaan lain, baik dalam negeri maupun overseas. Good Luck deh buat Tiga Raksa!

4 thoughts on “ERP

  1. ERP menjadi perhatian saya akhir-akhir, karena saya berencana mengambil topik ini untuk disertasi saya. Thanks Agnes, tulisanmu ini memberi info. Apa ini merupakan swa terbitan terbaru?
    Bagaimana dengan kamu Agnes? Skripsimu mengenai AIS, apa tesismu juga masih mengambil bidang yang sama?

  2. Akhir2 ini tiap saya baca SWA selalu mengangkat topik mengenai perusahaan yg menerapkan ERP. SWA yg terakhir pun demikian, perusahaan besar sekelas Vanity Fair juga pakai, sampai perusahaan kecil menengah semacam Jamu Puspo. Menurut mereka menerapkan ERP itu memberikan keuntungan yg luar biasa!! Seperti sentalisasi data, data bisa diliat sebagai single view, akses real time terhadap laporan secara akurat dan tepat wkt sehingga memperbaiki proses pengambilan keputusan, turnover inventori Jamu Puspo dari 6bulan jadi 2bulan.. btw swa terakhir terbit tgl 3juni, Bu. Ehm, kalo soal tesis saya nantinya, saya masi bingung. mungkin akan mengenai MIS, krn memang Sistem Informasi merupakan mata kul favorit saya. Tolong doakan saya, Bu semoga saya dapat ilham ^_^

  3. Mbak Agnes.. minta ijin ambil article ini buat data assignment aku yaa.. hehehe.. ini udah dirangkumin dari SWA nya??
    jadi cepet ngerti.. makasih yaa

    Cheers,

    febri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s