Kenapa Kita Ketawa?

“Laugh and the world will laughs with you, Weep and you weep alone” (Ella Wheeler Wilcox).

Ada yg bilang, ketawa itu sehat, meringankan stress dan bikin awet muda. Tapi tau ngga sih kenapa kita bisa ketawa? Dan darimana emangnya ketawa itu berasal?

Benernya dari usia 4 bulan, manusia uda bisa ketawa. Karena di usia itu, manusia uda berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya terutama Mommy and Daddy dengan tertawa dan menangis.

Menurut Robert R. Provine, ketawa dan humor tidak bisa dipisahkan. Walaupun ga semua ketawa itu dikarenakan joke. Tapi survey yg beliau lakukan terhadap 1200 orang yg sedang ngobrol di tempat umum membuktikan bahwa hanya 10-20% orang yg tertawa karna lelucon. Sisanya tertawa di saat percakapan, seperti “See you!” dan “Kemana aja loe? Lama ga keliatan, gw jadi kangen”. Kesimpulannya, tertawa terjadi karna hubungan antar manusia. Tertawa merupakan sarana berbicara dengan orang lain. Ungkapan HAHAHA dipake sebagai lem sosial yg mampu melancarkan hubungan kita.

Proses tertawa itu terbagi menjadi dua, yaitu gerakan dan suara. Jadi, kalo ada sesuatu yg menurut kita lucu, entah itu dari mata apa telinga, sensor yg ada di otak kita akan meresponnya dan menyalurkannya ke sel neural. Lalu sel tersebut merangsang 15 otot muka dan otot2 tersebut akan melakukan kontak ke zygomatic major muscle alias mekanisme saluran pengangkat yg ada di bawah bibir (tumben aku pinter yah hahaha ini mah ngutip dari majalah Hai edisi khusus humor). Back to topic, zygomatic akan menggerakkan mulut kita buka dan tutup. Dan di tempat lain (masih karna pengaruh rangsangan dari sel neural), epiglotis (katup nafas) akan menutup setengan larynx (kotak suara). Dan oksigen yg masuk dari proses tersebut akan mengeluarkan suara. Nah suara itulah yg disebut sebagai tertawa hahaha

Trus neh bila kita berada di keadaan tertawa yg ekstrim, saluran air mata secara otomatis akan terbuka. Makanya kadangkala ada air mata yg mengiringi tertawa yg terbahak-bahak. Kadang malah ada juga yg sampe terkencing-kencing pas ketawanya uda ekstrim banget hehehe.

Ketawa merupakan perbuatan sosial dan mudah menular. Kita tertawa terhadap suara tawa itu sendiri. Dan pada kenyataannya kita lebih sering tertawa pada diri kita sendiri. Ini diketahui karena kita lebih sering tertawa dibandingkan berbicara dengan diri sendiri.

Karena itulah, kenapa film-film dono kasino indro bisa laris di pasaran. Karena mereka mampu membuat kita tersenyum dan tertawa. Manusia sendiri merupakan satu2nya spesies yg bisa tertawa, dan manusia dewasa biasanya tertawa minimal 17 kali loh dalam sehari.

Trus kok bisa ada yg bilang ketawa itu sehat? Ternyata eh ternyata, tertawa mempunyai efek bagus untuk tubuh, karna tertawa merendahkan tekanan darah dengan cara meningkatkan oksigen pada aliran pembuluh darah. Jadi seperti kata Mas Joger, tertawalah sebelon tertawa itu dilarang. Betul?

5 thoughts on “Kenapa Kita Ketawa?

  1. Agnes, saya senang dengan gambar yang kamu insert cocok dengan judulnya. Gambar tersebut menimbulkan rasa geli dan jadinya langsung ketawa he…he…he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s