Playboy


Playboy merupakan salah satu majalah yang paling dikenal di seluruh penjuru dunia. Diterbitkan pertama kali di Amerika Serikat tahun 1953 oleh seorang pria muda yang ceking (dulunya) hehe sekarang uda tuir.. Pria itu bernama Hugh Hefner. Pertama kali diterbitkan dengan nama Stag Party dan yang jadi modelnya adalah aktris Marilyn Monroe (pasti semua pada tau deh sama neh cewe blonde yang sempat menghebohkan dunia).. Selanjutnya nama stag ga bisa dipake lagi oleh Hugh, karena ternyata nama stag itu uda dipatenkan sama pemilik majalah lain. Akhirnya Hugh ganti nama jadi Playboy.

Awal-awal didirikan, Hugh cuman punya sedikit uang, memaksa dia untuk langsung turun tangan sebagai photografer, penulis artikel, editor dan memasarkan majalahnya sendiri. Tapi usaha Hugh ini ga sia-sia, karena ternyata pasar merespon positif majalah Playboy. Lambat laun demand atas majalah Hugh meningkat dan lama-lama jadi “booming!”

Terkenalnya majalah ini tak lepas dari kegigihan dan strategi yang dipakai oleh Hugh. Ehm contohnya saja Hugh tiap tahun bikin kalender yang isinya tentu saja foto-foto syur.. tapi dia ga sembarang comot cewe seksi terus difoto. Hugh punya kriteria sendiri. Dan dia tiap bulan selama setahun selektif memilih model-model yang pantas untuk dipajang dalam kalender (emang pajangan? Hihi). Model Playboy disebut sebagai playmate. Jadilah kalender Playboy berisi model playmate januari, februari, maret dan bulan-bulan seterusnya. Selain itu Hugh juga mendirikan mansion Playboy. Isinya seperti istana penuh dengan cewe-cewe seksi tentunya.

Tapi ternyata majalah Playboy ini tidak melulu menggumbar seks loh. Ternyata Playboy juga memuat artikel mode, olahraga, barang-barang terkini dan wawancara dengan orang-orang terkenal. Sst… dan ternyata menurut penelitian, pornografi yang diusung Playboy lebih halus daripada saingannya majalah Penthouse. Penthouse terkenal lebih hardcore. Tapi sehalus-halusnya Playboy, tetep aja di beberapa negara Playboy ditentang. Sebut saja Cina, Korsel, Singapur, India, Brunei dan negara-negara Asia lainnya.

Di Indonesia sendiri, majalah Playboy sempat jadi polemik. Beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok terang-terangan menentang majalah Playboy Indonesia (padahal waktu itu baru mau rencana terbit). Akhirnya setelah protas-protes dikumandangkan, pemilik lisensi majalah Playboy Indonesia tetap bersikeras menerbitkan edisi perdana pada tanggal 7 April 2006 dengan model sampul “Andhara Early”.. Kok pemilik lisensinya ngotot terbit? Denger punya denger nih, lisensi Playboy dibeli seharga 3 miliar Rupiah hehe pantasan ngotot yah.

Tapi ternyata masalah ga cuman selesai sampai di situ. Setelah majalah perdana Playboy Indonesia terbit, pemilik lisensi, model sampul dan oknum-oknum yang terkait dalam penerbitan perdana itu dipanggil ke kantor polisi dan mulai diadili dengan ancaman tindak asusila.

Btw Aku juga uda pernah liat isinya, beli di kios majalah di bandara Juanda lama dengan harga 40ribu. Menurut aku isinya ga juga jorok-jorok amat, cuman gitu-gitu doang, pake rok mini, pake baju ketat.. Tapi ternyata masyarakat yang kontra ga mo tau! Mindset mereka terhadap logo kelinci pake dasi ini begitu kuat! Pokoknya kalo Playboy ya Jorok! Padahal nih banyak loh majalah-majalah dalam negeri yang lebih parno daripada Playboy. Contohnya saja… Eh jangan ding, ntar aku dicekal haha pokoke ada dah, kalo kalian ke kios majalah, coba liat dewe majalah-majalah sekelas Playboy.

Sekarang aku ga tau gimana kelanjutannya majalah Playboy Indonesia. Rasanya masih mati suri.
Kalo boleh kasi saran nih.. mending Playboy
Indonesia muncul dengan mengusung nama baru, seperti Playgroup atau Playgirl hoho.. sapa tau ga ada yang menentang lagi!! Dan kalo bisa neh isinya jangan soal seks, XXX dan kebarat-baratan. Lebih baik mulai mengangkat budaya Indonesia. Karena jujur aja, benernya aku juga Kontra sama majalah atau apapun juga yang terlalu mengeksplotasi wanita. Bete banget ngeliatnya!! Wanita jadi seperti ga ada harganya gitu.. Ok Playboy, Think Twice Before You Doing Something!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s