THE POWER OF BLOG

Blog?

Nama yang cukup singkat untuk dilafalkan, B-L-O-G.

Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut (Wikipedia).

Blog memiliki banyak fungsi. Untuk anak muda, blog dapat digunakan sebagai wadah untuk “making friend” atau wadah untuk curhat alias jadi “Diary”. Namun di era globalisasi sekarang ini, blog juga bisa dimanfaatkan sebagai “management tools”, untuk menghasilkan uang ataupun untuk meningkatkan bisnis. Entah itu bisnis yang berskala kecil, menengah ataupun besar.

Sebagai contoh, saya punya seorang sahabat bernama Yanto yang tertarik untuk berusaha di bidang “weeding organizer”. Yanto menawarkan berbagai jasa, seperti pemotretan, pager ayu, persewaan pakaian pengantin dan lain sebagainya. Namun sayangnya, usaha Yanto ini sepi pelanggan, karena Yanto belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat sebagai show room “weeding organizer”nya tersebut. Di awal usahanya, Yanto memasarkan bisnisnya dengan cara menyebar brosur di setiap perempatan lampu merah, yang menurut saya –sangat tidak efektif.

Sampai suatu ketika saat Yanto iseng-iseng lagi main internet, Yanto mendapatkan ilham untuk memanfaatkan fasilitas blog dalam melancarkan manufer guna memasarkan usahanya. Alasannya, selain karena gratis, membuat blog pun sangatlah mudah. Apalagi sekarang ini, pengguna internet di Indonesia sudah menjamur. Lagipula para calon pengantin diperkirakan berusia antara 20-35 tahun yang menurut Yanto merupakan usia produktif yang tentu saja akrab dengan yang namanya internet.

Alhasil, Yanto pun memanfaatkan blog sebagai showroom “wedding organizer”nya. Dan ternyata, usaha Yanto ini membuahkan hasil. Blog Yanto menarik banyak pelanggan dan sekarang Yanto sudah bisa menyewa sebuah Ruko yang lumayan strategis yang terletak di tengah kota.

Rahasianya apa?

Menurut Yanto, kuncinya keberhasilannya adalah ide, kreativitas dan inovasi.

Dalam kasus ini, Yanto telah berhasil memanfaatkan IT yakni blog. Yanto mendesain blog-nya semenarik mungkin, sehingga bisa mencuri perhatian para browser. Selain itu, Yanto memanfaatkan fasilitas link dengan beberapa teman blogger-nya, sehingga memudahkan pemasaran. Seperti yang kita ketahui, pemasaran di dunia nyata yang paling ampuh adalah “pemasaran dari mulut ke mulut”, sedangkan pemasaran yang paling ampuh di dunia maya adalah “pemasaran dari link ke link” ^_^

Kasus Yanto ini dapat menjadi inspirasi bagi kita, agar kita dapat memanfaatkan kesempatan yang ada, apapun itu. Terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi. Karena seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat pada dewasa ini memberikan dampak yang essensial pada dunia usaha. (SWA 16/XX/5 – 18 Agustus 2004).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s