Simply Accounting Pro 2004

Di era globalisasi saat ini, information technology berkembang semakin pesat dan memberikan dampak yang luar biasa. Di mana dengan penggunaan komputer dan penerapan aplikasi software yang sesuai akan sangat membantu mempercepat aliran arus informasi dan membantu memperbaiki sistem dalam badan usaha.

Sistem dan siklus yang penting di dalam suatu perusahaan adalah sistem informasi manajemen dan akuntansi dan siklus penjualan. Karena semakin baik sistem informasi manajemen dan akuntansinya akan semakin kuat perusahaan itu berdiri dan dengan semakin laris penjualannya akan menambah kekayaan badan usaha tersebut sehingga perusahaan itu akan dapat terus eksis.

Dengan menggunakan information technology akan sangat membantu badan usaha dalam memperbaiki sistem informasi manajemen dan akuntansi dalam siklus penjualan yang selama ini banyak dijalankan secara manual dan konvensional. Dan bila sistem informasi manajemen dan akuntansinya baik, maka akan mendukung pengambilan keputusan bagi manajemen.

Dengan komputerisasi dan memakai sistem infomasi manajemen dan akuntansi yang tepat tentu saja akan memberi manfaat lebih, karena akan mempengaruhi kekuatan atas pengendalian internal badan usaha. Komputerisasi tidak saja bergantung pada komputer dan hardware, namun juga pada software.

Untuk membantu memperbaiki kelemahan-kelemahan dan untuk meningkatkan pengendalian internal, maka diciptakanlah software Simply Accounting Pro 2004 oleh ACCPAC CANADA yang kompatibel dengan badan usaha besar maupun kecil di Indonesia. Penggunaannya mudah dan fasilitas yang ditawarkan sangat bermanfaat.

Simply Accounting Pro 2004 merupakan salah satu program aplikasi yang sangat populer digunakan di Kanada dan Amerika, dan juga cocok digunakan di perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik digunakan oleh perusahaan dagang, jasa maupun manufaktur yang berskala kecil sampai besar, dikarenakan penggunaannya yang relatif mudah untuk digunakan dan dipelajari.

Program Simply Accounting Pro 2004 merupakan program yang dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi standar. Di mana sebagian besar output (bukti transaksi maupun laporan keuangan) dihasilkan oleh format yang sudah baku. Sedangkan sebagian kecilnya dapat dikustomasi sesuai dengan selera pengguna, misalnya format untuk Invoice.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, program aplikasi Simply Accounting Pro 2004 dilengkapi dengan spreadsheet (menggunakan Microsoft Excel) guna memudahkan pengguna dalam menyusun laporan sesuai format yang dikehendaki tanpa harus melewati proses yang rumit dalam mengekspor-impor file teks dan sebagainya. Program akuntansi semacam ini disebut sebagai program akuntansi standar yang mana memiliki karakteristik memasukkan daftar atau bagan akun, mengisi aturan atau pilihan, mengelola pelanggan, pemasok, produk dan servis dan juga laporan keuangan.

Simply Accounting Pro 2004 sangat fleksibel, karena dapat langsung digunakan tanpa harus merubah atau memodifikasi sistem akuntansi yang ada karena sudah sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim digunakan. Jadi dengan kata lain, standar akuntansinya sesuai dengan kondisi akuntansi di Indonesia, seperti memasukkan daftar rekening, mengisi aturan, mengelola data pelanggan, pemasok, produk sampai dengan pelaporan akuntansi.

Kemudian semua data dalam program ini dapat diolah secara otomatis, sehingga memungkinkan pemilik perusahaan untuk dapat mengetahui kondisi keuangan dan kegiatan historis perusahaan dengan cepat dan tepat. Informasi yang dihasilkan terjamin akurat dan dapat diandalkan untuk kemudian diolah menjadi data-data yang dapat digunakan dalam mengambil keputusan manajemen yang strategis dan bermanfaat.

Program ini juga terjamin keamanannya, dikarenakan tersedianya sistem keamanan untuk memproteksi file, data dan informasi badan usaha dengan penggunaan password dan pembatasan akses.

Selain itu, Simply Accounting juga mudah untuk dipelajari dan digunakan karena adanya setup wizard yang dapat membantu mensetup data dengan cepat dan mudah. Juga terdapat seratus pilihan template industri yang menyediakan beberapa lokasi bisnis dan tipe bisnis untuk mempermudah user dalam proses setup sesuai dengan kondisi badan usaha. Tersedia pula berbagai penggunaan mata uang sesuai kebutuhan user, perhitungan untuk diskon dan pajak secara otomatis, serta dapat menyajikan berbagai macam laporan dengan cepat dan tepat.

Selanjutnya, tampilan-tampilan form (dokumen dan laporan) dalam program ini dapat juga didesain sesuai dengan selera dan kebutuhan badan usaha dalam customize journals, sehingga bila ada data yang tidak perlukan dapat tidak ditampilkan.

Simply Accounting Pro 2004 juga dapat terhubung ke jaringan internet sehingga badan usaha dapat melakukan penjualan secara on-line atau E-Business dengan menggunakan Simply Web Store. Dan karena on-line dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi sehingga dapat memberikan pengaruh yang positif pada CRM (customer relationship management).

Dan yang tak kalah pentingnya adalah bahwa program ini harganya sangat murah karena ditujukan untuk bisnis berskala kecil dan menengah.

15 thoughts on “Simply Accounting Pro 2004

  1. mas…kalo boleh tahu detailnya dong..seperti apa tampilannya and harganya…krn perusahaan saya lagi nyari program accounting…
    demikian terima kasih🙂

  2. waduh kok mas sih? saya kan wanita, jadi mbak! hehe tampilan simply bagus kok. Harganya sekitar $200 gitu. simply ini bisa online juga,trus nominalnya bisa lebi dari 9digit. kalo software akun buatan luar negeri lainnya biasanya digitnya terbatas. Kalo mas wartaman tertarik, bisa coba software Accurate (buatan dalam negri)..modulnya pake bhs indo, jd mudah dimengerti. Beli aja bukunya di gramedia atau toko buku terdekat yg ciptaan Dedhy sapa gitu..setiawan rasae. Tp milih bukunya ati2, soalnya beda antara Accurate utk perusahaan dagang atau jasa. Harga 30ribu, itupun uda gratis dapat cd-nya loh!!!

  3. kalo d toko buku kayaknya ga ada de. lebi baik cari ke toko2 komputer yg jual software. atau bisa juga beli secara online. di website2 terpercaya gitu..seperti amazon.com atau sage..

  4. tergantung pak..yg ptama…patenkan dulu sistem buatan bapak…trus baru deh bisa kasih harga utk dijual..kalo sistem akun yang canggih2 punya bisa mahal bgt..

  5. mba agnes..
    kantor saya pake simply accounting versi 2004 pro sudah 5 tahun
    tapi, ada 1 kejadian yg bikin kami pusing
    dalam pemakaian, sudah beberapa kali kami mengalami dimana tiba tiba file tidak bisa d buka, dilaporkan bahwa password dan username kami salah, sehingga kami terpaksa mengulang penginputan
    boleh tolong d bantu jalan keluarnya mba agnes

    thx

  6. Pingback: Carqua cd | Myworldgreen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s