Plus Minus INTERNET

Lets talk about INTERNET.. antara advantange dan disadvantange-nya.

Menurut Pak LW, teman chatting saya di YM ^_^, internet jelas telah melahirkan fenomena baru, yakni memudahkan komunikasi antarumat seantero jagad raya. Dan adanya akses informasi melalui internet di kantor, juga memudahkan setiap personel perusahaan untuk memecahkan berbagai persoalan dalam pekerjaan dengan cepat.

Selain itu, jaman techno sekarang ini, banyak perusahaan yang membekali para salesman mereka dengan PDA, agar mempermudah komunikasi jaringan bila para salesman tersebut sedang dinas ke luar kota. Melalui PDA, secara real time, seorang salesman dapat langsung mengirimkan Sales Order pelanggannya secara elektronik ke kantor pusat. Sehingga transaksi dapat segera dilakukan, tanpa perlu menunggu salesman yang bersangkutan kembali ke kantor pusat. Benar-benar efektif dan efisien. Selain itu, banyak pula perusahaan yang sudah menggunakan fasilitas Electronic Data Interchange (EDI) atau aplikasi Web Ordering.

Kemudian, keuntungan internet juga tampak dari munculnya fasilitas perbankan yang sangat memanjakan nasabah (customer). Misalnya Klik-BCA, yang memudahkan nasabahnya mengecek saldo atau mentransfer uang langsung darimana saja selama terhubung dengan koneksi internet. Betapa mudahnya kan hidup ini?

Kemudian yang terakhir yang menjadi tren adalah mulai banyak perusahaan besar, sebut saja KAO Indonesia sebagai bagian dari sebuah perusahaan multinasional, kini mulai menerapkan sistem yang bisa bersentuhan langsung dengan distributor. Ya macam sistem yang dianut oleh www.amazon.com gitu lah. KAO mengakses data dari distributornya secara dial-up menggunakan Telkomnet Instan. Proses pengambilan data dengan menggunakan aplikasi Scylla HeadOffice. Dengan mempraktekkan cara ini, kantor pusat KAO Indonesia di Jakarta diakui bisa lebih baik dalam mengelola dan mengawasi semua aktivitas distribusi dan penjualan yang berlangsung di tingkat distributor. Selain itu, KAO Indonesia juga mengklaim bahwa mereka bisa mengetahui dengan tepat pergerakan setiap barang yang didistribusikan ataupun respon pasar atas kebijakan harga dan promosi yang ditetapkan.

Tetapi, kehidupan ini selalu seimbang. Bila ada nilai positif, tentu ada nilai negatif. Internet juga punya sisi negatif. Misalnya saja, penggunaan internet di kantor. Awalnya internet dipasang untuk mempermudah setiap personel perusahaan untuk memecahkan berbagai persoalan dalam pekerjaan dengan cepat. Tapi, pada prakteknya, para karyawan malah menggunakan internet untuk hal-hal yang ga jelas, yang ga ada sangkut pautnya dengan pekerjaan, seperti chatting, mainan friendster, main game online, dll. Kemudian selain chatting dengan sesama rekan kerja (orang dalam), mereka juga chatting dengan teman-teman chat di luar kantor. Parahnya, biasanya selain chat, mereka juga saling bertukar file, yang kemungkinan mengandung virus yang bisa mengacau-balaukan sistem perusahaan.

Tapi, mungkin virus masalah kecil yang masi mampu untuk diatasi dengan anti virus yang tepat. Namun ada lagi musuh terberat di dunia internet. Sebut saja Hacker. Tidak main-main, Hacker bisa menerobos masuk ke sistem informasi perbankan yang sensitif. Misalnya seperti Klik-BCA, bila sistem keamanan BCA loyo, tentu sangat mudah bagi para Hacker untuk mengkudeta nomor-nomor rekening nasabah (kartu kredit atau account bank).

Trus gimana donk cara mengatasinya? Caranya ya bisa dengan membatasi akses fisik karyawan. Misalnya komputer disetting sedemikian rupa, supaya karyawan tidak bisa buka situs-situs yang ga penting. Perusahaan juga bisa memakai jasa konsultan atau tenaga ahli IT atau bisa pake program keamanan jaringan. Pokoknya pada intinya, perusahaan jangan cuman bisa mengimplementasikan IT saja, tapi juga harus mengimplementasikan sistem keamanan informasi guna menangkal cyber crime yang marak terjadi di internet. Jadi semacam paket ayam di KFC, makan ayam pake nasi putih. Pakai IT, ya pakailah pengaman. Seperti kata Bang Napi, kejahatan terjadi karena adanya kesempatan.

One thought on “Plus Minus INTERNET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s